Home → Menjadi orang yang baik atau orang yang benar?

Menjadi orang yang baik atau orang yang benar?

Selasa, 07 April 2015
Bacaan alkitab Amsal 21: 2 berkata Setiap jalan orang adalah lurus menurut pandangannya sendiri, tetapi Tuhanlah yang menguji hati.

]orang baik dan orang benar

Orang benar atau orang baik,memilih yang mana? tentu sangat sulit membedakan keduanya.Kedua hal tersebut memang selalu identik dan tak dapat dipahami betul bila tidak dikaji lebih dalam apa pendapat alkitab tentang kedua hal tersebut.

Yang harus dipahami bahwa orang benar yaitu orang yang melakukan apa yang diperintahkan TUHAN serta melakukan kehendak TUHAN dalam seluruh waktu hidupnya sedangkan orang baik adalah orang yang melakukan segala perbuatan yang dianggap orang baik,sangat beda bukan? artinya orang baik dan orang benar tidak sama,begitu berbeda.

Sebagai umat Allah kita hendaknya hidup sebagai orang yang benar dan bukan hanya orang yang baik saja tetapi apa yang dilakukan dalam hidup tidak sesuai dengan apa yang alkitab perintahkan dan ajarkan kepada manusia.Kadang orang baik dikatakan baik bila mengikuti apa yang orang lain inginkan walaupun tidak sesuai perintah TUHAN,dengan kata lain asal orang lain senang.Inilah kekeliruan dibalik kebaikan yang tidak melihat  secara iman tetapi menurut pandangan manusia.

Orang biasanya baik karena memang dari hati atau niat,tetapi ada juga orang baik karena takut dibenci,takut dijauhi,takut diejek,merasa ingin dipuji orang lain.Hal ini memang tidak salah bila dilihat secara singkat namun alkitab mengatakan dengan tegas mengatakan jika ya hendaklah kamu katakan ya,jika tidak hendaklah kamu katakan tidak (Matius 5:37)

Orang benar berarti orang yang berkenan dihadapan TUHAN dan bukan hanya dihadapan manusia,orang benar melakukan apa yang dikehendaki Allah dan bukan keinginan manusia.Orang yang baik belum tentu benar,tetapi orang yang benar sudah tentu baik dihadapan TUHAN dan manusia.

Kebaikan lebih mengarah kepada karakter luar yang hanya dapat dilihat dari perbuatan,tetapi kebenaran berasal dari dalam dan hanya bisa diraih dengan iman dan percaya kepada TUHAN.Dengan demikian jelas bahwa kebenaran dapat memperbaiki kebaikan yang keliru dan salah.Tetapi kebaikan tidak dapat menutupi kebenaran.
Comments
0 Comments

0 Komentar Untuk "Menjadi orang yang baik atau orang yang benar?"

Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Terimakasih atas komentar Anda di "Menjadi orang yang baik atau orang yang benar?"