Home → Mengapa Umat Tuhan Beribadah Dihari Minggu?

Mengapa Umat Tuhan Beribadah Dihari Minggu?

Minggu, 21 Juni 2015
Bacaan Alkitab Roma 14:5-6  (5)Yang seorang menganggap hari yang satu lebih penting dari pada hari yang lain tetapi yang lain menganggap semua hari sama saja. Hendaklah setiap orang benar-benar yakin dalam hatinya sendiri.(6) Siapa yang berpegang pada suatu hari tertentu ia melakukannya untuk TUHAN.

beribadah hari minggu

Shalom saudaraku saudari yang terkasih dalam TUHAN Yesus Kristus,lebih jauh membahas tentang hari sabat perlu kita dasari sekali lagi sebagai imamat yang dipanggil oleh Kristus sendiri untuk menjadi saksinya bahwa apa yang diciptakan TUHAN itu semuanya baik,"Semua Hari Itu Adalah Hari TUHAN mulai dari Hari Ahad sampai hari sabtu" jadi dalam kehidupan sehari-hari kita dapat selalu beribadah dan bersekutu dengan TUHAN tanpa melupakan kekudusan dan kesucian hari TUHAN setiap hari.

Mengapa harus ada hari sabat dan hari apa itu?
Ibadah Hari sabat sendiri telah diberikan TUHAN kepada bangsa israel sejak keluar dari mesir menuju kanaan jangan lupa baca " KESEPULUH FIRMAN (Keluaran 20:1-17 ayat 8-11) " agar bangsa Israel mengkhususkan hari itu sebagai hari untuk beristirahat penuh dari segala pekerjaan dan menfokuskan diri sepenuhnya untuk beribadah dan memuji memuliakan TUHAN."Kebiasaan Bangsa Israel merayakan hari sabat saat matahari tenggelam hari jumat hingga sabtu malam"

a).Adapun hari sabat pada masa perjanjian lama diadakan untuk memperingati :
1.Selesainya penciptaan alam semesta oleh Allah pada hari ketujuh.
2.Hari pembebasan dari perbudakan bangsa Mesir.

3.Kerinduan akan kedatangan Mesias.

b).Adapun hari sabat masa perjanjian baru diadakan murid-murid untuk memperingati:
1.Selesainya penciptaan alam semesta oleh Allah pada hari ketujuh.
2.Selesainya pekerjaan penebusan oleh Kristus, kebangkitan Kristus dari kematian pada hari ketiga ( Minggu)
3.Kerinduan akan kedatangan Kristus yang kedua kali.

Para murid-murid merayakan hari TUHAN pada hari Minggu,dengan berkumpul dan memecah-mecahkan roti,serta mempersembahkan apa yang mereka miliki dari hasil pekerjaan untuk dijadikan persembahan serta dibagikan bagi saudara-saudari yang lain seperti saat TUHAN Yesus masih didunia ( Kisah Para Rasul 20:7 dan Korintus 16:2,Yohanes 20:19). 

Apakah beribadah dihari minggu melanggar hukum Taurat?
Sekali-kali tidak bacalah nas ini terlebih dahulu dengan seksama :

1.(Yesus berkata) Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat" Markus 2:27

2.“Jika demikian, adakah kami membatalkan hukum Taurat karena iman? Sama sekali tidak! Sebaliknya, kami meneguhkannya” (Roma 3:31)

3.Dan Pada hari Tuhan aku dikuasai oleh Roh dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring, seperti bunyi sangkakala,(Wahyu 1:10) 

4."Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya."(Matius 5:17)

Para murid menetapkan hari Minggu sebagai hari sabat untuk memperingati:
1.Selesainya penciptaan alam semesta oleh Allah pada hari ketujuh.
2.Selesainya pekerjaan penebusan oleh Kristus, kebangkitan Kristus dari kematian pada hari ketiga ( Minggu)
3.Kerinduan akan kedatangan Kristus yang kedua kali.

NOTE : Sumber lainnya yaitu dari surat-surat martir gereja Kristen " Yustinus Martir"  sekitar tahun 150,Menjelaskan jalannya kebaktian jemaat bagi yang belum kristen. Ia menuliskan "Pada hari minggu dinamakan hari matahari,ada kumpulan disuatu tempat bagi semua anggota di kota atau didistrik tertentu" Hari matahahari" yang biasa kita sebut sebagai hari minggu dalam bahasa portugis domingo atau latin dominus yang artinya TUHAN,karena Kristus bangkit pada hari minggu,maka orang-orang Kristen memandang hari itu sebagai hari TUHAN,dan pada hari itulah mereka mengadakan kebaktian yang utama.Jadi, hari Minggu adalah hari yang menurut kebiasaan, kami semua berkumpul karena hari itulah hari pertama.”

Dalam surat-surat Yustinus Martir Kristen tertulis semua tata ibadah Kristen yang dilakukan hinggah hari ini oleh semua orang Kristen diseluruh dunia.Termasuk : Pujian dalam ibadah,Pembacaan Alkitab,Khotbah Dan Perjamuan Kudus,Baptisan Dan Kolekte setiap akhir Ibadah.

SUMBER LAIN yaitu surat-surat Martir Ignatius "Dalam suratnya Ignatius menggambarkan orang-orang Kristen berlatar belakang Yahudi sebagai orang-orang yang telah memiliki harapan baru, tidak lagi mengamati/memelihara hari Sabat, tetapi hidup dengan memperhatikan Hari Tuhan, dimana hidup kami juga nyata oleh-Nya dan kematian-Nya"

Jadi karena keyakinan akan kehidupan baru dan kesempurnaan penebusan didalam diri Yesus,serta Penggenapan Hukum Taurat didalam diri-Nya(Markus 2:7-8) maka Pada Hari Minggu Orang Kristen Sejak Masa Rasul-rasul hingga Hari ini melaksanakan hari ibadah dihari Minggu.

Terlalu panjangnya penjelasan tentang sejarah gereja beribadah di hari minggu sehingga saya hanya bisa meringkaskannya kepada saudaraku semua,semoga ketidak sempurnaan tulisan ini di sempurnakan TUHAN dalam hati kita semua.Terimakasih TUHAN Yesus memberkati.
Comments
0 Comments

0 Komentar Untuk "Mengapa Umat Tuhan Beribadah Dihari Minggu?"

Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Terimakasih atas komentar Anda di "Mengapa Umat Tuhan Beribadah Dihari Minggu?"