Home , → Arti Penting Pernikahan Dalam Tuhan | Konsep I

Arti Penting Pernikahan Dalam Tuhan | Konsep I

Kamis, 19 Maret 2015

arti pernikahan alkitab kristen
Bacaan Alkitab :  (Matius 19:6 berkata "Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.")

Syalom sahabat semua,apa kabar dihari ini? saya berharap kasih Kristus terus memenuhi hidup sobat semua sehingga senantiasa hidup bersukacita dalam Tuhan Yesus untuk membagikan kasihnya pada dunia.Topik Hari ini sesuai dengan judul artkel diatas "Arti Penting Pernikahan Dalam Tuhan".Sejauh ini kita semua sudah tentu mengenal pernikahan yang sering kali kita saksikan bahkan ikuti disekitar kehidupan rohani umat Allah.

Namun magna,tujuan serta arti penting pernikahan tentunya belum begitu banyak dipahami dan dimengerti oleh banyak remaja Kristen bahkan rumah tangga yang baru mendasari itu untuk mendalami magna dan Tujuan yang mulia dalam pernikahan kristen maka uraian singkat dibawah ini semoga dapat membantu saudara dalam mencari dan mempersiapkan diri untuk masuk dalam pernikahan dan rumah tangga yang memuliakan Tuhan Yesus didalamnya.

1. Apa Itu pernikahan?
Pernikahan adalah sebuah ikatan dan persekutuan yang utuh(sepenuhnya) yang menyatukan 2 pribadi dalam Tuhan(Pria dan Wanita) yang kudus baik roh,jiwa serta tubuh yang berdasar atas hukum Allah dan Kasih Kristus yang diteguhkan didalamnya dimana satu Tubuh seutuhnya bukan lagi Dua (Pria atau wanita) tetapi satu hati,pemikiraan serta Tujuan yaitu membina rumah tangga yang utuh,kudus,dipenuhi kasih Kristus antara pasangan serta Melayani memuliakan Tuhan  Yesus didalamnya sampai akhir hidup dan tak dapat dipisahkan oleh manusia kecuali maut.

2. Tujuan pernikahan Kristen ?
Tujuan dibentuknya keluarga kristen dapat kita baca dalam Kejadian 1:28 bagaimana Tuhan memberikan mandat kepada manusia agar dapat beranak cucu serta bertambah banyak memenuhi bumi ini. serta Kejadian 2:24b "Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging." disini Tuhan sendiri mempertemukan dan menyatukan 2 pribadi untuk membentuk sebuah ikatan yang dalam artian pernikahan yang kudus dan tak seorang pun dapat memisahkannya atau menceraikannya.(Matius 19:6 berkata "Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.")

Demikian kudusnya pernikahan itu serta Tujuan yang hendak dicapai dalamnya bukan hanya kehendak jasmani tetapi rohani yaitu roh kudus yang senantiasa mengikat didalamnya.pernikahan bukanlah hal biasa-biasa saja atau kebiasaan namun sebuah mandat dan tanggung jawab besar untuk menjaga pasangan hidup serta keluarga yang dibentuk dalam Tuhan agar senantiasa dapat hidup harmonis,menjadi sumber kasih bagi orang lain,dapat menjadi terang.Saat seorang memutuskan untuk menikah atau sedang mencari pasangan hidup ada baiknya meminta petunjuk dari pembimbing rohani(Pendeta,Gembala/Hamba Tuhan,Kakak pembimbing rohani) yang berpengalaman seiman serta mengenal dasar alkitab yang sesungguhnya.

Pernikahan tidak boleh dianggap remeh atau gampang karena saat memutuskan untuk menikah berarti saudara siap untuk menyerahkan hidup sepenuhnya untuk dapat hidup satu tubuh,tujuan,pemikiran dengan pasangan hidup saudara dan mengatasi setiap pergumulan hidup yang ada menurut kasih dan kemurahan Tuhan,berdasarkan kehendak Tuhan.
1 Kor 7:10 Kepada orang-orang yang telah kawin aku -- tidak, bukan aku, tetapi Tuhan -- perintahkan, supaya seorang isteri tidak boleh menceraikan suaminya. Dan jikalau ia bercerai, ia harus tetap hidup tanpa suami atau berdamai dengan suaminya. Dan seorang suami tidak boleh menceraikan isterinya.

Begitu banyak yang harus dipelajari tentang pernikahan namun secara keseluruhan konsep pernikahan memiliki kesimpulan singkan dibawah ini:
1.Pernikahan dipersatukan Kristus dan berdasar atas-Nya maka tidak dapat diceraikan/dipisahkan manusia.
2.Pasangan hidup kristen tidak diperbolehkan cerai kecuali maut.
3.Pasangan hidup kristen tidak boleh poligami (memiliki banyak istri,suami atau berzinah).
4.Pasangan hidup kristen harus memuliakan Tuhan dan takut akan Tuhan.
5.Pasangan hidup kristen harus saling melengkapi kekurangan masing-masing dan menjadi satu dalam tujuan serta pemikiran pada kehendak Tuhan.

Ingin belajar lebih dalam lagi bacalah artikel Dasar-dasar Alkitab tentang pernikahan sejati.Tuhan Yesus memberkati saudara dalam menemukan pasangan yang cocok dan menyatukan saudara dalam membentuk keluarga yang memuliakan Tuhan,saling menghargai dan mengasihi.Baca artikel Pernikahan selanjutnya disini.
Comments
0 Comments

0 Komentar Untuk "Arti Penting Pernikahan Dalam Tuhan | Konsep I"

Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Terimakasih atas komentar Anda di "Arti Penting Pernikahan Dalam Tuhan | Konsep I"